satmadia 2024

OSIS dan Satgas Berbagi Hasil Pelatihan Kepemimpinan dan Literasi Digital


oleh:  Hayati Setyaningsih - 25 Oktober 2024

  SATMADIA - Jumat (25/10/2024), SMP Negeri 6 Yogyakarta menggelar acara berbagi hasil pelatihan kepemimpinan dan literasi digital. Kegiatan ini diinisiasi oleh perwakilan dari OSIS dan Satgas sekolah yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan khusus tersebut.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama pelatihan kepada seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Dengan demikian, diharapkan seluruh siswa dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan literasi digital mereka.

Kegiatan ini berlangsung di aula sekolah dan dihadiri oleh seluruh siswa dari berbagai tingkatan kelas. Rangkaian acara berbagi hasil pelatihan kepemimpinan dan literasi digital diawali dengan sambutan dari kepala sekolah yang menekankan pentingnya penguasaan literasi digital dan kepemimpinan bagi generasi muda. Dilanjutkan dengan Perwakilan OSIS dan Satgas mempresentasikan materi yang telah mereka peroleh, termasuk teknik-teknik kepemimpinan efektif dan penggunaan teknologi digital secara bijak, siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai materi yang disampaikan. Dan para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam workshop singkat yang berfokus pada peningkatan keterampilan digital.

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat memahami konsep kepemimpinan yaitu mempelajari bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan efektif dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, meningkatkan literasi digital dengan cara menguasai penggunaan teknologi digital dengan bijak dan bertanggung jawab dan memotivasi untuk belajar mandiri terinspirasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri secara mandiri dalam bidang kepemimpinan dan teknologi.

Kegiatan berbagi hasil pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta untuk menjadi individu yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan di era digital. (HS)