satmadia 2024
Satriatama Berbagi Praktik Baik #16 : Strategi Pembelajaran yang Asyik dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik
oleh: Hayati Setyaningsih - 15 November 2024
SATMADIA - Jumat(15/11/2024), SMP Negeri 6 Yogyakarta kembali menyelenggarakan webinar. Webinar kali ini diisi oleh MGMP IPS SMP Negeri 6 Yogyakarta. Bertempat di BDR SMP Negeri 6 Yogyakarta, kegiatan diselenggarakan pada hari Jumat 15 November 2024 pukul 13.00-15.00 WIB.
Pada webinar kali ini, ada tiga pembicara. Berlaku sebagai pembicara pertama yati Ibu Erningsih, S.Pd., memaparkan materi tentang Penggunaan Metode Gallery Walk dalam pembelajaran. Metode Gallery Walk adalah salah satu strategi pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif. Dalam metode ini, siswa bergerak dalam kelompok kecil di sekitar kelas untuk melihat dan berdiskusi mengenai berbagai pajangan informasi atau tugas yang telah disiapkan oleh guru maupun siswa lainnya. Metode Gallery Walk adalah cara yang efektif untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Dengan perencanaan yang tepat, metode ini dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Sebagai pembicara kedua yaitu Ibu Nurgiyanti, S.Pd.,yang menyampaikan materi tentang peningkatan partisipasi belajar peserta didik melalui Cooperative Learning tipe TGT . Cooperative Learning tipe Teams-Games-Tournament (TGT) adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Metode ini menggabungkan kerja kelompok dengan elemen kompetisi yang menyenangkan sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Dan pembicara ketiga yaitu Bapak Agung Sarjanto, S.Pd., menyampaikan materi tentang inovasi media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan wordwall. Dan berlaku sebagai moderator yakni ibu Retno Titisari, S.Pd.,.
Kegiatan webinar berjalan dengan baik, meskipun sedikit terkendala pada alat presentasi dan cuaca, dikarenakan hujan lebat sehingga Listrik padam. Namaun hal tersebut tidak menyurutkan semangat bapak ibu guru untuk menambah wawsan tentang strategi pembelajaran yang menarik, sehingga pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan efektif, serta meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik secara keseluruhan. (HS)