satmadia 2024

Komunitas Belajar Satriatama Membimbing Generasi Digital: Peran Guru pada Era Kecerdasan Buatan


oleh:  Hayati Setyaningsih - 13 Maret 2024 

  SATMADIA - Rabu (13/3/2024), SMP Negeri 6 Yogyakarta kembali mengadakan webinar. Webinar kali ini merupakan webinar yang ke-3 kalinya. Pada kesempatan ini, kegiatan webinar menghadirkan narasumber yaitu Bapak Budiman Saputra, S. Kom, M.M., beliau pengajar Informatika di SMPN 6 Yogyakarta dan sebagai moderator Bapak Boma Brahmadhanu, S. Pd, beliau pengajar Informatika di SMPN 6 Yogyakarta. Webinar dimulai sejak pukul 09.00 sampai 11.30 WIB.

Webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Belajar Satriatama SMP Negeri 6 Yogyakarta ini dilaksanakan secara gratis dan seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat. Webinar yang bertema membimbing generasi digital ini tidak hanya dilaksanakan untuk lingkup guru SMP Negeri 6 Yogyakarta saja. Peserta yang mengikuti webinar kurang lebih 100 orang terdiri dari guru SMP Negeri 6 Yogyakarta dan seluruh guru di Indonesia.

Bapak Budiman Saputra, S. Kom, M.M., menyampaikan bahwa ciri- ciri generasi digital itu menguasai teknologi, keterhubungan digital, multitasking dan pendekatan terhadap informasi.  Beliau memberikan gambaran bagaimana teknologi kecerdasan buatan dimanfaatkan oleh manusia. Kecerdasan buatan telah merubah cara belajar dan bekerja. Dalam Pendidikan, algoritma dan analisis data dapat membantu guru dalam menyesuaikan kurikulum dan memberikan pemahaman individual kepada setiap siswa. Namun, kehadiran kecerdasan buatan juga menuntut guru untuk mengembnagkan keterampilan baru. Sehingga guru harus menjadi fasilitator pembelajaran yang mampu menginspirasi dan memotivasi siswa dalam mengeksplorasi pengetahuan melalui teknologi. Guru perlu membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis dan analitis untuk menghadapi tantangan di era kecerdasan buatan. Penggunaan teknologi kreatif seperti pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) dan simulasi dapat membantu guru menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik bagi siswa. Kreativitas dalam pendidikan dapat merangsang imajinasi dan motivasi siswa. Keterlibatan orang tua sangat penting dalam mendukung pembelajaran generasi digital.

Pada kenyataannya keterlibatan orang tua sangat penting dalam mendukung pembelajaran generasi digital. Mereka perlu terlibat dalam pemantauan penggunaan teknologi oleh anak-anak dan berperan sebagai mitra Pendidikan dalam mengembangkan keterampilan digital anak.  Meskipun teknologi memberikan banyak manfaat, keseimbangan dan interaksi manusia juga penting. Guru perlu memastikan bahwa penggunaan teknologi tetap mendukung hubungan emosional antara guru dan siswa serta antar siswa.

Dapat disimpulkan bahwa pemerolehan keterampilan teknologi dan pemahaman tentang kecerdasan buatan menjadi penting bagi pengembangan professional guru. Pelatihan yang berkelanjutan diperlukan agar guru dapat mengintegrasikan teknologi dengan metode pengajaran tradisional secara efektif.  Peran guru dalam era kecerdasan buatan memerlukan kreativitas, keterampilan teknologi, dan pemahaman akan kebutuhan generasi digital. Dengan keseimbangan yang tepat antara teknologi dan interaksi manusia, guru dapat membimbing siswa menuju masa depan yang sukses, imbuh Bapak Budiman Saputra, S. Kom, M.M., sebagai penutup materi yang beliau sampaikan. (HS)